Sosialisasi dan Skrining Bersama PATAYA 2019


Haloooooooo teman-teman.. Gimana nih kabarnyaa??. Semoga baik selalu yaaa.

Wahh, udah lama ya kita tidak berjumpaa wkwk. Pastinya pada kangen kan sama blog PATAYA?? Ya kan? Ya dongg..
Okee, buat ngilangin kangennya kalian, PATAYA bakal update blog lagi nih teman-teman..

Nahh, blog kali ini kita mau ngebahas tentang keseruan salah satu Proker PPM yaituuuuu
"SOSIALISASI DAN SKRINING"
Jadi..
Proker PPM ini terkait Sosialisasi dan Skrining , PATAYA lakukan di Kampung Pemulung Pondok Labu, Jakarta Selatan..



Jadi temen-temen, pada tanggal 20 Juli 2019 kemarin, PATAYA berkesempatan buat ngadain Acara Sosialisasi dan Skrining di Kampung Pemulung Pondok Labu, Jakarta Selatan.
Nahhh.. Acara Sosialisasi dan Skrining kali ini, PATAYA mengambil tema "Awali dengan Pengetahuan, Tingkatkan dengan Kesadaran, Tanamkan Kebiasaan PHBS Bagi Kehidupan".

Penasaran kan kita ngapain aja pada acara itu??? Yuklah cuss langsung dibacaaa

Jadi.. Kegiatan yang kita laksanakan pada acara sosialisasi dan skirining PATAYA itu berupa pemeriksaan kesehatan untuk warga RT 11 / RW 09 Kampung Pemulung Pondok Labu seperti pemeriksaan antropometri, tekanan darah, gula darah, asam urat serta konseling kesehatan. Nah. selain itu, PATAYA juga memberikan konseling terkait PHBS lohhh.

Okee, buat rangkaian selengkapnya yukk Check this out!

So... acara Sosialisasi dan Skrining PATAYA kali ini sebenernya dimulai pukul 8 tepat nih temen2, tapi ternyata warga udah antusias banget. Jadi, sebelum jam 8 udah banyak banget yang antri pas kita masih persiapan.

Tapi no problemo kok hehe, karena venue-nya memang udah rapi bekas gladi bersih H-1 dan para panitia juga udah ready, jadiiii cusss langsung kita buka acaranya!


Para warga yang antri langsung disambut oleh panitia yg ramah-ramah bangeeett untuk diminta undangannya terus dituker deh sama nomor antrian plus form skrining kita.

Warga dipanggil berdasarkan nomor antrian untuk pertama-tama melakukan registrasi dan anamnesis di pos 1. Di pos ini warga mendapat pertanyaan seputar riwayat penyakit keluarga yg pernah diderita.

Setelah dari pos 1 warga akan diarahkan ke pos berikutnya, pos 2, untuk melakukan pengukuran antropometri. Pada tau dong antropometri tuh apa?



Oh ya kita patut berterima kasih juga nih kepada panitia runner kita yang selalu sigap dan cekatan mengarahkan para warga supaya menuju pos yg benar.

Berikutnya, warga menuju pos 3 untuk di cek tensi, cek gula darah dan kolesterol. Yang bertugas di pos ini lumayan banyak nih dan ciwi-ciwi semua loohh!






Nah, selanjutnya pos 4 untuk konsultasi dan sosialisasi. Di sini ada Kaka-kakak yang ngasih warga penjelasan interpretasi dari hasil pengukuran dan pengecekan yang sudah dilakukan di pos-pos sebelumnya. Warga harus tau faktor-faktor risiko apa aja yang harus dicegah supaya tidak terkena penyakit, khususnya penyakit jantung dan pembuluh darah sesuai tujuan skrining kali ini. Warga pun bisa bertanya banyak kepada konsuler.



Terus selain itu di pos 5, warga juga dapet sosialisasi PHBS supaya mereka tetap bisa sehat meskipun hidup di lingkungan yang sangat berdekatan dengan tempat pengumpulan sampah2 seperti sampah plastik bekas dan kardus-kardus yg menjadi mata pencaharian mereka.


Setelah warga sudah melakukan semua rangkaian skrining, warga juga dapat bingkisan sembako yg khusus PATAYA siapkan bagi peserta skrining. Adanya sembako ini juga berkat para donatur dan sponsor yang sungguh mulia mau membantu dan menyisihkan rezeki mereka demi peduli sesama.

Nah, setelah seluruh rangkaian acara selesai, kita gak lupa dong untuk foto-foto hehe. Dan karena salah satu sponsor kita itu Wardah, kita foto dulu nih bareng shampo Wardah. Gimana? Baru foto bareng shamponya aja udah kece kan? Apalagi kalo udah shampoan (?)

Segitu dulu deh ya kayanya sharing keseruan di proker PATAYA kali ini. Peduli sesama itu, selain bikin seneng orang lain, kita juga dapet rasa senengnya dari sekadar ngeliat senyuman para warga yang antusias. Ini nih yang bikin ketagihan pengen bikin proker2 keren lainnya. Sooo stay tuned ya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekerasan terhadap Perempuan

Mari Kita Mengenali Bahaya Penyakit AIDS!

Mitos dan Fakta Kesehatan Terkait Kebudayaan di Indonesia