Tips Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat Setelah Bulan Ramadhan Berakhir

oleh Nadia Ramadhanty, Dept. Kominfo PAMI Jakarta Raya 2020-2021

Hi, Sobat Kesmas! Apa kabar? 

Sudah hampir sebulan berlalu loh sejak perayaan Idul Fitri. Wah tidak terasa ya Sobat, kita semua telah berhasil melewati bulan Ramadhan di masa pandemik seperti ini, yang jelas saja mengharuskan kita untuk lebih ekstra lagi nih menjaga kesehatan dan imunitas tubuh kita. Nah, sudah sejauh mana nih upaya Sobat dalam menjaga pola hidup sehat setelah Ramadhan berakhir?

Setelah selama satu bulan penuh menjalani puasa dengan pola hidup yang berbeda dari biasanya, artinya kita harus bersiap untuk kembali menjalankan rutinitas kita seperti biasanya. Tubuh kita perlu beradaptasi menyesuaikan dengan pola hidup kita seperti semula. Ruba El Hourani mengatakan bahwa tubuh perlu perlahan-lahan menyesuaikan diri ke dalam rutinitas kehidupan atau kalau tidak ia akan mengalami syok. Penting untuk kita melakukan adaptasi dengan benar agar manfaat bulan Ramadhan yang sudah kita peroleh di dalam tubuh tidak hilang, Sobat.

Menurut ahli diet, terdapat empat elemen kunci dalam mengembalikan diri ke rutinitas kalian yaitu pola tidur, nutrisi, hidrasi dan olahraga. Selain itu, menerapkan pola makan yang sehat merupakan salah satu bentuk untuk menjaga kesehatan di masa pandemik ini dan sebenarnya tidak sulit bagi kita untuk menerapkannya.

Lalu bagaimana nih Sobat, cara agar tubuh tetap sehat dan bugar setelah bulan Ramadhan dan hari raya yang telah kita lewati? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk tetap sehat dan bugar demi mendapatkan kesehatan tubuh dengan optimal setelah bulan Ramadhan berakhir.

1. Pola Tidur
Saat bulan Ramadhan, kita perlu bangun di tengah malam untuk menyiapkan sahur. Kekurangan tidur adalah hal yang biasa saat bulan Ramadhan karena kalian perlu bangun lebih awal dan setelah subuh dianjurkan untuk tidak tidur lagi. Aturlah pola tidur kalian sampai mencapai waktu tidur normal yaitu pukul 21:00 atau 22:00. Lalu, hindarilah minum kafein 4-6 jam sebelum tidur, dan kalian juga perlu menghindari makan malam 2-3 jam sebelum tidur. Saat makan malam, kalian bisa mengindarkan konsumsi gula halus dan makanan yang digoreng. Sebelum tidur, kalian bisa mandi dengan air hangat diikuti dengan secangkir teh herbal dengan satu sendok teh madu atau secangkir cokelat panas tanpa ditambahkan pemanis.

 
Sumber: iStockphoto

2. Kelola rasa lapar
Sangat penting untuk kita terapkan karena kelaparan mungkin saja datang pagi-pagi sekali, sehingga kalian bisa mengatasinya dengan makan sedikit lebih lambat setiap hari, sampai bisa kembali makan pada waktu sarapan normal seperti masa sebelum bulan Ramadhan. Atau mulailah makan pagi dengan mengonsumsi buah segar atau segelas jus buah. Beberapa buah yang bisa dikonsumsi adalah apel, atau jeruk manis yang dapat mengenyangkan sekaligus menyegarkan bagi tubuh. Hindari makanan yang digoreng, terutama saat sarapan.

 
Sumber: Amydix

3. Utamakan konsumsi sayuran
Mengutamakan konsumsi sayuran adalah hal yang sangat penting karena kandungan protein dari beberapa jenis sayur dan biji-bijian sangat baik kandungannya untuk tubuh. Kalian bisa mengonsumsi salad sayur atau buah yang memiliki kalori lebih rendah dan tinggi serat sebagai diet setelah lebaran. Saat membuat salad lebih baik ditambahkan saus kacang atau saus salad secukupnya agar kalori yang masuk ke tubuh tidak berlebihan. 
 
Sumber : Thinkstock

4. Konsumsi buah-buahan
Buah adalah menu wajib yang harus dikonsumsi ketika kalian berusaha untuk kembali mengonsumsi makanan sehat setelah lebaran.  Beberapa buah yang bisa kalian konsumsi adalah semangka, jeruk, papaya, alpukat atau apel. Buah-buahan memiliki kandungan serat yang tinggi dengan begitu akan membuat kenyang lebih lama dan menghindarkan kalian dari keinginan untuk konsumsi makanan yang tinggi kalori, lemak dan gula seperti kue-kue atau makanan instan, dan makanan pencuci mulut lainnya. Kalian juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan cara membuatnya dalam bentuk smoothies sebagai pengganti minuman manis saat lebaran. Padukan smoothies bisa dengan menambahkan selai kacang, parutan kelapa, biji chia, susu, dan sayuran. Smoothies yang dibuat sangat bermanfaat bagi tubuh karena punya segudang manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan pencernaan.

 
Sumber : Shutterstock

5. Minum air putih
Tips selanjutnya ialah dengan minum air putih. Air putih tidak kalah pentingnya dengan tips yang lain karena saat bulan Ramadhan, kalian mungkin banyak mengonmsi es buah, es cendol, minuman soda, dan minuman yang mengandung gula yang banyak lainnya. Air putih mengandung 0 kalori dan sehat untuk tubuh. Setelah bulan Ramadhan berakhir, alangkah baiknya jika kalian tidak lupa mengonsumsi air putih yang cukup. Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa air putih cukup dikonsumsi sebanyak 8 gelas tiap harinya atau sekitar 2 liter per hari.  Jika kalian merasa sangat haus setelah makan berat, jangan langsung minum karena dapat mengencerkan enzim pencernaan dan memperlambat proses tersebut sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan. Minumlah air putih sekita satu jam sebelum atau sesudah makan untuk memastikan pencernaan normal.

6. Tingkatkan olahraga
Ikuti pola hidup yang sehat dengan berolahraga dan beraktifitas fisik. Walaupun di rumah saja, kalian bisa tetap berolahraga juga lho, Sobat! Misalnya dengan panduan dari aplikasi “7 minutes workout” yang bisa diinstall melalui smartphone kalian, atau melihat berbagai tutorial senam atau berbagai bentuk olahraga lainnya yang  bisa dilakukan di dalam rumah dan bisa kalian temukan di youtube. Dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sehari.

Nah Sobat Kesmas, bagaimana? Dari beberapa tips di atas untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar setelah bulan Ramadhan berakhir, tips mana aja yang sudah rutin kalian lalukan? Yuk sama-sama kita menerapkan beberapa tips ini agar mencapai tubuh sehat yang optimal. Semoga kita sehat selalu ya Sobat! Sekian dan Terimakasih, sampai bertemu pada kesempatan berikutnya, Sobat Kesmas! Stay happy, stay healthy and stay safe!


Daftar Pustaka:
Abdi, Husnul. 2020. Artikel Online Liputan 6 : 5 Tips Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran, Terhindar dari Penyakit . Diakses [Online] dari https://www.liputan6.com/ramadan/read/4259196/5-tips-mengatur-pola-makan-sehat-setelah-lebaran-terhindar-dari-penyakit.

Chaudhary, Suchitra Bajpai. 2019. Artikel Online Gulfnews: Four ways to get back into routine after Ramadan . Diakses [Online] dari https://gulfnews.com/uae/health/four-ways-to-get-back-into-routine-after-ramadan-1.64345627#:~:text=During%20Ramadan%2C%20physical%20trainers%20always,after%20the%20three%20major%20meals.

Kemenkes RI. 2020. Tips Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19. Diakses [Online] dari http://p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/tips-agar-tetap-sehat-di-masa-pandemi-covid-19.

Kumampung, Dian Reinis. 2020. Artikel Online Kompas  : Cara Sehat Kembalikan Pola Makan setelah Ramadhan Usai. Diakses [Online] dari https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/18/054744720/cara-sehat-kembalikan-pola-makan-setelah-ramadhan-usai?page=all.

Nainggolan, Sri Yanti. 2017. Artikel Online MediaIndonesia : Tips Mengembalikan Pola Makan Setelah Bulan Ramadan . Diakses [Online] dari https://m.mediaindonesia.com/read/detail/110577-tips-mengembalikan-pola-makan-setelah-bulan-ramadan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekerasan terhadap Perempuan

Mari Kita Mengenali Bahaya Penyakit AIDS!

Mitos dan Fakta Kesehatan Terkait Kebudayaan di Indonesia