Kesehatan Mental itu penting! Yuk, dimulai dari belajar mencintai diri sendiri, mudah kok!

oleh Bella Aulia, Dept. Kominfo PAMI Jakarta Raya 2020

Haloo sobat kesmas, balik lagi di blog pataya. Semoga kalian dalam keadaan baik – baik saja yaa!

Kali ini di blog pataya mau membahas tentang Self Love lohhh. Sebelumnya sudah pada mencintai diri sendiri belum nihh?? Yuk kalo belum mulai belajar untuk mencintai diri sendiri yaa, karena  bisa membantu menjaga kesehatan mental lohh.

 

Yukk langsung aja simak seberapa pentingnya self love bagi Kesehatan mental,

Jadi kalian pasti sering dengar kan tentang self love itu apa?? Yap!

Jadi self love  itu sering diidentikkan dengan memanjakan diri sendiri dan mencintai diri sendiri secara utuh. Apa sih alasanya untuk kita self love? Jadi salah satu manfaat dari self love itu dapat mengembangkan gaya hidup sehat karena di tengah aktivitas harian dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, membuat siapa saja rentan mengalami kelelahan secara fisik maupun mental. Kondisi ini sering berujung pada masalah kesehatan mental, misalnya stres, depresi, serta kehilangan semangat untuk menjalani hidup, belum lagi ketika kita insecure dengan orang lain. Nahhh! semua masalah tersebut nyatanya bisa diminimalisir dengan menerima dan mencintai diri sendiri.

 


 

Selain tentang pengertian self love, ternyata self love punya banyak manfaat lohh, yukk simakk!

Saat kamu sudah bisa mencintai diri sendiri, kamu akan lebih mudah menjalani pola hidup sehat. Kamu menjadi tahu, berapa jam waktu yang dibutuhkan tubuh untuk beristirahat, dan karena mencintai diri sendiri kamu akan berusaha memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini baik, karena bisa menghindari kebiasaan tidur larut dan menjauhkan insomnia serta risiko penyakit lainnya. Karena dengan cukup tidur di malam hari tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bisa memengaruhi kondisi mental serta suasana hati. Hayooo siapaa yang masih suka insomnia dan insecure dimalam hari?? Mulai sekarang ubah yaa…

 

Dan Ketika kita benar – benar mencintai diri sendiri, kita akan menciptakan pola pikir penerimaan, kita akan bersedia menerima tahapan dan situasi hidup kita, serta bertanggung jawab atas Tindakan kita, biasanya si ini bisa disebut dengan rasa syukur.

Manfaat lain dari self love kita dapat mengembangkan harga diri yang sehat, artinya kita akan merasa nyaman dengan diri sendiri, kemampuan, dan pendapat kita. Karena dengan mempunyai harga diri yang sehat berarti kita memahami kegagalan bukan indicator kekalahan yang menyakitkan melainkan kesempatan untuk belajar lagi selain itu harga diri berperan besar dalam kesehatan mental kita, karena ketika kita mempunyai tingkat harga diri yang tinggi kita memiliki kecenderungan untuk tidak menderita kesepian, kecemasan, atau penyalahgunaan narkoba atau alcohol.

 


 

Nahhh jadi itu manfaat dari self love sangat berpengaruh banget kan bagi kesehatan mental, diblog pataya kali ini ingin memberitahukan tips – tips untuk belajar self love, yukk simakk!


1. Me Time


 

Memberikan waktu sejenak untuk diri sendiri atau me time penting untuk kesehatan dan kesejahteraan mental. Sesibuk-sibuknya diri kamu, perlu lho untuk memiliki waktu me-time. Hal ini dinilai ampuh bagi kamu yang ingin mulai belajar self-love. Mulai dari otak yang bisa lebih fresh, lebih efektif dalam mengambil keputusan, hingga meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

 

2. Berpikir Positif


 

Kemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang dihadapi, karena perubahan lebih mudah jika didasarkan pada pemikiran positif, daripada rasa bersalag, malu, atau ketakutan.

 

3. Rayakan Kesukesan Kecil Apapun


 

Ketika kita mulai berubah, berilah selamat pada diri kita karena sudah mau mulai berubah. Tak perlu menunggu sampai kita melakukan perubahan yang besar untuk merayakan kesuksesan kita. Berikan perhatian pada keberhasilan kecil yang kita raih selama proses perubahan. Mungkin kita bisa memberikan diri kita pelukan. Mungkin terdengar aneh tapi itu adalah salah satu cara yang indah untuk bersikap baik pada diri  sendiri.

 

4. Percaya Bahwa Kita Cukup Penting




Kita harus merasa bahwa kita cukup penting untuk memberi diri kita izin untuk mencoba, memberi diri kita ruang untuk berubah, untuk memprioritaskan diri kita dalam hidup, dan untuk mendukung diri kita sendiri agar sukses. Kadang-kadang cara terbaik untuk melakukan perubahan adalah dengan melakukannya. Lakukan saja langkah pertama  untuk mengetahui bahwa  kesehatan dan kebahagiaan kita penting.

 

5. Bersikaplah Konsisten

 


 


Tetap (tidak berubah-ubah), taat asas atau ajek, selaras atau sesuai Ingatlah semakin kita konsisten, semakin banyak hasil yang akan kita alami. Pikirkan tentang gagasan mempraktikan keterampilan baru apa pun yang kita. Semakin banyak kita berlatih, kita akan semakin baik. Oleh karena itu mulailah bersikap konsisten terhadap perubahan.

 

 

Nahhh jadi betapa pentingnya kan untuk mencintai diri sendiri dan sangat berpengaruh bagi Kesehatan mental kita! Mulai sekarang jangan insecure lagi ya harus banyak bersyukur, because you can not truly love another until you know how to love yourself.

  

 

Referensi :

www.halodoc.com/pentingnya-self-love-untuk-kesehatan-mental 

koinworks.com/belajar-self-love

www.msn.com/apa-itu-self-love

www.wecare.id/tips-dan-manfaat-self-love 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kekerasan terhadap Perempuan

Mari Kita Mengenali Bahaya Penyakit AIDS!

Mitos dan Fakta Kesehatan Terkait Kebudayaan di Indonesia